Seiko Solar

Seiko Solar SNE161P1

Dilihat 3
Rp2.272.000
-26%
Rp1.681.000

Spesifikasi

Ringkasan

Gender

Case Diameter
mm

Case Thickness
mm

Lug to Lug
mm

Movement
Automatic

Luminous

Strap Material
Stainless Steel

Deskripsi

Jam Tangan Pria - Seiko Solar SNE161P1

Seiko solar adalah salah satu jawaban Seiko terhadap teknologi yang ramah lingkungan. Jam tangan tipe Solar ini menggunakan cahaya apa saja sebagai sumber tenaga pengisi baterainya. Sehingga Seiko solar tidak pernah/jarang sekali mengganti baterai. Karena baterai yang ada dapat terus menerus terisi sekama terkena cahaya. Seiko solar mengunakan tenaga mesin Seiko quartz yang hemat energi sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mengisi dan menjalankan jam bisa lebih efisien.

Kelebihan Seiko Solar :
- Walaupun namanya Solar yg berarti matahari, jam Seiko solar dapat mengunakan segala jenis cahaya untuk pengisian batere, tidak hanya cahaya matahari.
- Pengisian power yang cepat, cukup 2 menit dibawah sinar matahari cukup untuk memberi daya jam selama satu hari, dan untuk full-charge nya hanya membutuhkan 3 jam.
- Daya simpan (power reserved/ PR) yang lama, dari full-charge jam dapat bertahan selama 6 bulan (12 bulan pada model tertentu) jika jam disimpan dalam keadan gelap total.
- Jika jam kehabisan daya sama sekali, cukup taruh 8 menit dibawah sinar matahari maka jam akan berjalan normal kembali.

Cara kerja Seiko Solar :
1. Cahaya masuk melalui dial yang tembus cahaya, dial ini akan terlihat solid (tidak transparant) seperti umumnya dial jam lain.
2. Cahaya yang sudah masuk menembus dial akan mengenai sensor penangkap cahaya (solar cell) yang terbuat dari photovoltaic (PV) cell.
3. PV cell sendiri terdiri dari 2 lapisan silicon (semi-konduktor) yang satu terdiri dari silikon yang kurang electron dan lapisan yang satu lagi dibuat kaya (lebih) electron. Saat cahaya (photon) mengenai lapisan yang kurang electron, maka lapisan akan memindahkan electron-electron ke bagian lapisan yang kaya electron. Sementara itu lapisan yang kaya electron juga menerima cahaya/photon dan juga kiriman electron dari lapisan yang kurang, akan tetapi sistem sirkuit "one-way" mencegah lapisan kaya electron ini mengirim balik ke lapisan yang kurang electron, melainkan dari lapisan kaya electron ini harus mengirimkan kelebihan electronnya (electron yang bergerak=listrik) ke ESU (electronic storage unit) untuk kemudian digunakan mengisi battery dan menjalankan jam. Electron yang sudah terpakai kemudian dialirkan kembali ke lapisan yang kurang electron untuk menjalani siklus selanjutnya yang berulang terus.
4. Selanjutnya listrik dari battery yang sudah dicharge ini akan digunakan untuk menjalankan mesin seiko quartz.

Brand Seiko
Model No. SNE161P1
Series Seiko Solar
Gender Man
Movement Solar Powered
Case Stainless steel
Case back Screw caseback
Glass Hardlex crystal
Dial color Black with silvertone markers
Bracelet Stainless steel
Clasp Fold-over clasp with push button release
Water resistant 100M
Case thickness 10 mm
Case diameter 40 mm
Features Day and Date display
Weight after packing approx. 1kg
Inside Box Original Seiko Box, Instructions, Seiko official warranty card